Seni Budaya Debus Kembali Dihadirkan Oleh Ormas BPPKB Banten Kabupaten Bogor

LORONGWARTA.COM, BOGOR - Ormas BPPKB Banten kab. Bogor kembali menampilkan seni budaya debus yang merupakan satu kesenian tradisional provinsi Banten.

Kampung  Tenjo Asih Gunung Dahu, desa Sadeng Kolot  kecamatan Leuwisadeng, kabupaten  Bogor, Minggu(29/8/2021) kembali ramai dan dipenuhi oleh anggota ormas BPPKB Banten, baik dari kota dan kabupaten Bogor juga dari masyarakat sekitar.

Gebyar budaya yang diadakan oleh padepokkan Tapak Pasundan Karuhun dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Event ini juga dilengkapi dengan santunan anak.yatim.

TB. H. Agus Kumpay (Abah Kumpay), sebagai pimpinan  Padepokan Tapak Pasundan Pusaka  Karuhun  Departemen Sosial Seni dan Budaya ( DEPSOSBUD ) DPP BPPKB  yang juga merupakan  penasehat BPPKB Banten DPC Kab. Bogor, serta sebagai Wakil Ketua  DEPSOSBUD Dewan Pimpinan Pusat BPPKB, sebagai inspirator kegiatan ini sangat berharap, seni budaya Sunda khususnya seni debus akan selalu menjadi atraksi yang disenangi juga diminati masyarakat Indonesia,

Hadir pula Sekjen DPP BPPKB Banten Prof. Dr. H.TB. Dudung Sugriwa  beserta jajaran DPP . H.Munin ketua DPD Jawa Barat, Ketua DPD Propinsi Banten Abah H.TB.Endoh Sugriwa . Dan Ketua DPC BPPKB Banten Kabupaten Bogor, Abah Uwo beserta  jajarannya.

Acara inti di samping mempererat tali silahturahmi.juga menghadirkan seni debus, guna melestarikan seni budaya Sunda. Agar masyarakat selalu ingat dan cinta akan budayanya sendiri.

Atraksi dalam Acara debus yang dipandu oleh Abah Gelung dan Abah Jabrig bersama.salah satu pementas dari  anggota DPAC Rumpin, Bayu (Dansatgas DPAC Rumpin) cukup membuat jantung.berdetak cepat.

Seperti biasanya, golok tajam akan selalu bergerak mengiris.menyisit dan mencacah bagian badan, baik daerah perut atau bagian tubuh yang lain tanpa luka ataupun berdarah.

Ini yang membuat seni debus selalu menjadi daya tarik.tersendiri di kalangan masyarakat kita. (Achmad Hidayat)

Post a Comment

0 Comments