Timsel Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya Plin-Plan

 



LORONGWARTA COM

RAJA AMPAT – Hasil Tes Kesehatan dan Wawancara Calon Anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya dinilai tidak sesuai dan sarat akan muatan politik dan kepentingan. Timsel mengumumumkan dua hasil ganda yang berbeda waktu beberapa jam,

Yang pertama di keluarkan pada tanggal 14/06/2023 dengan pengumuman nomor :027/ TIMSEL-BAWASLU/PBD/06/2023, yang kedua dikeluarkan pada tanggal 15/06/2023.

Beberapa hal yang mengganjal adalah Timsel mengganti beberapa nama yang telah tertuang pada pengumuman pertama tanpa ada transparansi.

Provinsi Papua Barat Daya masih sangat baru dan belum berumur satu tahun, baru saja akan membangun culture demokrasi, siklus politik yang sehat seharusnya di mulai oleh cara yang baik. Tetapi yang dilakukan oleh Timsel Bawaslu PBD yang di percaya sebagai orang suci untuk melakukan tahapan seleksi yang baik, bersih dan jujur justru memulai dan sangat sarat akan kepentingan yang sangat tidak bernilai.

Sebaiknya sebagai tim seleksi harus lah berpegang teguh pada aturan-aturan yang telah di tetapkan, bukan malah membuat aturan sendiri yang di akomodir oleh kepentingan kelompok. Sebagai tim seleksi haruslah berpedoman juga pada juknis yang telah ditetapkan. Timsel Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya telah merusak integritas penyelenggara pemilu. Juknis yang telah dibuat harus menjadi rujukan, bukan malah membentuk juknis lain demi kepentingan.

Timsel Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya harus banyak meresapi motto “bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu” untuk dihasilkannya calon anggota bawaslu provinsi Papua Barat Daya yang sesuai harapan masyarakat, dapat menjalankan prinsip-prinsip demokrasi yang berkualitas dan dapat menegakkan keadilan pemilu.

Sebagai jebolan Kader SKPP Bawaslu Tingkat Nasional th. 2021 Perwakilan Raja Ampat, Chalilah mengutuk keras langkah yang diambil oleh Timsel Bawaslu Provinsi Papua Barat dan akan mengambil sikap tegas mengawal permasalahan ini sampai ada keterbukaan informasi. Mereka setelah terpilih menjadi Timsel pastinya sudah mendapat pembekalan yang baik dan seharusnya tidak belok dari pembekalan yang telah diberikan. ( Achmad H.)

Sumber  : Imran Alwi

Post a Comment

0 Comments